Pages

Subscribe:

8 Juli 2012

Cara Terbaik mengatasi CARTRIDGE yang tidak keluar tintanya

Cara  Terbaik MengatasiCartridge yang tidak keluar tintanya posting yang akan EB  search kali ini, Para sobat yang mempunyai Printer pasti pernah mengalami printernya tidak keluar tintanya ketika digunakan untuk mencetak ? Biasanya terjadi karena printer tersebut lama tidak digunakan. karena printer yang tidak keluar tintanya pada saat mencetak dikarenakan lobang head tempat tinta lewat dan disemprotkan tersumbat. Sumbatan ini sebagian besar diakibatkan oleh
keringnya tinta di ujung head. Jadi walaupun sebenarnya cartridge isi tinta, tetap tidak akan keluar karena headnya tersumbat tinta kering karena tidak pernah dipakai ngeprint...
Sebenarnya Cara  Terbaik mengatasi Cartridge yang tidak keluar tintanya cukup mudah. Kuncinya yaitu kita harus membuang tinta kering yang menyumbat pada head tersebut. berikut Langkah mengatasinya :
  1. Lepas catrid yang mau dibersihkan dari rumah catrid.
  2. Siapkan terlebih dahulu air hangat, suhunya Dikira - kira saja yang penting jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin pula.
  3. ATTENTION : Jika terlalu panas akan bisa menyebabkan head rusak, jika terlalu dingin akan lebih susah dalam menghilangkan sumbatan tersebut. Jika bingung, campur saja air panas dan air dingin ( fivety : fivety )
  4. Siapkan cartridge yang akan dihilangkan sumbatannya.
  5. Cari bagian headnya. Bagian head adalah bagian tempat keluarnya tinta, biasanya terbuat dari kuningan dan berwarna kuning.
  6. ATTENTION : Sobat tidak perlu khawatir terjadi konsleting ( hubungan pendek ), karena cara ini sudah banyak yang menggunakan dan terbukti. 
  7. Lakukan beberapa kali hingga tinta dapat keluar dengan lancar.
  8. Air yang digunakan akan berubah menjadi hitam karena tinta yang keluar dari head tersebut, Jika air tidak berubah warna malah berarti cartridge masih tersumbat karena tidak ada tinta yang bisa keluar.
  9. ATTENTION : Jika cartridge yang sudah sangat lama tidak digunakan selama 6 bulan, dan kemungkinan besar tidak bisa untuk diperbaiki dan beli baru, karena memang sumbatan tinta tersebut sudah terlanjur kering.
  10. Jika proses peleburan sumbatan tersebut sudah dianggap cukup, maka segera keringkan cartridge tersebut dengan tisu.
Setelah langkah diatas dilakukan, maka sobat  bisa mencobanya lagi menggunakan cartridge tersebut untuk mencetak, mudah - mudahan tinta bisa keluar. Jika pada saat perendaman tinta sudah bisa keluar dengan lancar, tetapi setelah dipasang pada printer tetap tidak keluar tintanya, maka ada kemungkinan sensor level ink ter-disable. Biasanya sering terjadi dan dilakukan oleh pengguna printer - printer canon seri Pixma.

ATTENTION : Uji coba pada posting Cara  Terbaik  mengatasi Cartridge yang tidak keluar tintanya, pernah diterapkan pada printer Canon Pixma MP258, dan hasilnya memang berhasil, printer berjalan normal seperti biasanya dengan hasil cetakan yang cukup memuaskan dibanding sebelumnya, mungkin sampai disini dulu Cara  Terbaik  mengatasi Cartridge yang tidak keluar tintanya semoga bisa bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Featured Posts